About

Omah TI merupakan kependekan dari Organisasi Mahasiswa Ahli Teknologi Informasi. Omah TI (OTI) bertempatkan di Gedung Selatan FMIPA Universitas Gadjah Mada, yang dulu dikenal sebagai Lab Inovasi. OTI berasaskan musyawarah dan kekeluargaan serta mempunyai sifat sebagai lembaga yang edukatif dan berorientasi pada keilmuan, riset, inovasi serta profesionalisme kepengurusan.

OTI selain menghasilkan Basic Young Programmer juga ditujukan sebagai sarana berlatih, bekerja, dan berkarya untuk pengembangan keilmuan, riset, dan inovasi teknologi informasi. Melihat sisi yang lain, OTI juga dimaksudkan akan menjadi salah satu pusat pengembangan teknologi informasi di FMIPA UGM yang dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa.

Sekilas Sejarah

Ber-awal dari “Lab Inovasi” yang berdiri pada awal September tahun 2002 atas prakasa Bapak Khabib Mustofa dan Bapak Heri Pratomo dan dalam pelaksanaannya dimotori oleh HIMAKOM. Seiring dengan berjalannya waktu dan “tuntutan zaman” maka Lab Inovasi berubah nama, sifat dan orientasi kegiatannya menjadi :

Lembaga Riset Omah TI Himakom,dimana lembaga ini bersifat BSO (Badan Semi Otonom) dibawah HIMAKOM. Sesuai dengan tujuan berdirinya OTI yaitu sebagai pusat pengembangan TI, maka OTI senantiasa berusaha menghadirkan dunia TI kepada Anda. Disamping mengadakan kegiatan seminar, workshop dan pelatihan, OTI juga akan mengembangkan media informasi melalui web site, mailing list, majalah dinding (mading), serta buletin dan majalah. Besar harapan kami ini semua bisa membantu memasyarakatkan TI ke seluruh masyarakat Indonesia.

Tantangan untuk bisa melalui ini memang tidak mudah. Namun dengan berbekal niat yang lurus untuk terus belajar dan berkembang, serta dukungan dari berbagai pihak yang sangat besar dalam membantu OTI akan menambah semangat dan keyakinan kami bahwa ini semua bisa terlaksana. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah bekerjasama dengan kami selama ini. Atas kepercayaan, bimbingan dan arahan dari Heri Pratomo, M.Kom & Janoe Hendarto, M.Kom

Lab inovasi pertama kali didirikan pada bulan September 2002. Ide pembangunan lab khusus mahasiswa ini dirintis oleh pengurus Himpunan Mahasiswa Komputer (HIMAKOM) tahun 2001/2002. Keberadaan lab inovasi bagi mahasiswa sendiri sangat penting, selain untuk melaksanakan eksperimen dan riset, juga untuk melakukan kegiatan bersama atau kelompok studi. Atas pertimbangan ini, akhirnya pembangunan lab inovasi pun disetujui oleh pengelola lab mahasiswa computer saat itu yaitu Khabib Mustofa, M.kom dan Heri Pratomo,M.kom. Bahkan nama inovasi sendiri diberikan oleh Kepala Program Studi Ilmu Komputer sekaligus pengelola Lab, Heri Pratomo, M.kom.

Pengelola Lab. Inovasi pada masa awal itu antara lain:

  • Sulis (Ilmu Komputer 2001)
  • Hepi (Ilmu Komputer 2001)
  • Arsad (Ilmu Komputer 2001))
  • Wiwin (Ilmu Komputer 2001)
  • Iqbal (Ilmu Komputer 2001)
  • Dino (Komsi 2001)
  • Priawan (Komsi 2001)
  • Irfan (Komsi 2001)
  • Amie (Komsi 2001)
  • Deni (Komsi 2001)

Tim inilah yang kemudian membangun lab inovasi, mulai dari infrastruktur sampai ke pengelolaan computer. Pada awalnya kegiatan lab inovasi hanya berupa kelompok studi. Kelompok studi yang berjalan pada waktu itu antara lain Delphi, Linux, Open BSD, Animasi, Grafis, Jaringan, Visual Basic, dsb. Materi-materi yang didalami di kelompok studi kebanyakan tidak diajarkan di perkuliahan. Oleh karena itu Lab inovasi juga berperan aktif dalam membantu mahasiswa untuk berkreasi dan bereksperimen.

Lab inovasi sendiri sempat beberapa kali vakum pada saat pergantian kepengurusan HIMAKOM. Selain itu dipindahkannya lab komputer prodi dari gedung MIPA selatan ke Gedung SIC MIPA utara juga menjadi salah satu penyebab. Akibat kevakuman itu beberapa peripheral komputer mengalami kerusakan yang menyebabkan tidak bisa dipergunakannya komputer tersebut secara maksimal.

Belajar dari keadaan awal tersebut, berarti keberadaan lab inovasi harus terus diperhatikan. Selain itu diperlukan sebuah majarial yang baik agar keberadaan lab inovasi bias terus bermanfaat bagi mahasiswa dan seluruh infrastrukturnya dapat terawat dengan baik. Berdasarkan pertimbangan inilah labinovasi yang merupakan bagian dari HIMAKOM (Himpuna Mahasiswa Ilmu Komputer) diperjelas atas keleluasaan khusus untuk mengatur kegiatan rumah tangganya sendiri.

Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman maka Lab Inovasi berubah nama, sifat dan orientasi kegiatannya menjadi Lembaga Riset Omah TI Himakom , dimana lembaga ini bersifat BSO (Badan Semi Otonom) dibawah HIMAKOM, dan Omah TI (OTI) merupakan kependekan dari Organisasi Mahasiswa Ahli Teknologi Informasi.

Tantangan Omah TI sebagai pusat Pengembangan Teknologi Informasi

Sesuai dengan tujuan berdirinya Omah TI yaitu sebagai pusat pengembangan TI, maka Omah TI senantiasa berusaha menghadirkan dunia TI kepada Anda. Disamping mengadakan kegiatan seminar, workshop dan pelatihan, Omah TI juga akan mengembangkan media informasi melalui web site, mailing list, majalah dinding (mading), serta buletin dan majalah. Besar harapan kami ini semua bisa membantu memasyarakatkan TI ke seluruh masyarakat Indonesia.

Tantangan untuk bisa melalui ini memang tidak mudah. Namun dengan berbekal niat yang lurus untuk terus belajar dan berkembang, serta dukungan dari berbagai pihak yang sangat besar dalam membantu Omah TI akan menambah semangat dan keyakinan kami bahwa ini semua bisa terlaksana.

Visi

  • Menjadikan lab inovasi sebagai wadah pemersatu dan pengembangan TI dalam lingkungan FMIPA UGM.
Misi
  • Menjalankan proses kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat penelitian dan pembelajaran bersama dari dan oleh mahasiswa.
Tujuan
  • Menghasilkan “Basic Young Programmer” yang mampu bersaing didunia IT.
  • Sebagai sarana berlatih, bekerja, dan berkarya untuk pengembangan keilmuan, riset, dan inovasi teknologi informasi.Menjadi salah satu pusat pengembangan teknologi informasi di FMIPA UGM yang dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco